SEJARAH


A. Sejarah Singkat KPPN Kutacane
 
     KPPN Kutacane berdiri dan diresmikan pada tanggal 23 Juli 1985 oleh Kepala Kantor Wilayah DJA Medan, Bapak Drs. Satoto. Pada awal berdiri, KPPN Kutacane terdiri dari dua kantor, yaitu Kantor Perbendaharaan Negara (KPN) dengan Kepala Kantornya Marzuki Afifi Ibrahim, SH, dan Kantor Kas Negara (KKN) yang dipimpin oleh Drs. T. Ismail. Keduanya merupakan instansi vertikal di bawah Kanwil Direktorat Jenderal Anggaran Medan.
     Pada tahun 1994, berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan, Kantor Perbendaharaan Negara (KPN) Kutacane dan Kantor Kas Negara (KKN) Kutacane digabung menjadi Kantor  Perbendaharaan dan Kas Negara (KPKN) Kutacane. Selanjutnya sejalan dengan perkembangan dan reformasi ditubuh Departemen Keuangan, sesuai dengan Keputusan Menteri Keuangan Nomor : 302/KMK.01/2004, sejak  tahun 2004 hingga sekarang namanya berubah lagi menjadi Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Kutacane, yang bertanggung jawab langsung kepada Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Aceh.
     Sebagai perpanjangan tangan kantor pusat Direktorat Jenderal Perbendaharaan, KPPN Kutacane sebagaimana KPPN lainnya di Indonesia dinilai memiliki posisi yang strategis dalam jajaran Direktorat Jenderal Perbendaharaan, setidaknya karena dua alasan sebagai  berikut :
1.    Merupakan salah satu  wakil Direktorat Jenderal Perbendaharaan di daerah yang mengemban  fungsi menerima, menyalurkan dan mengamankan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara di wilayah kerjanya;
2.    Merupakan ujung tombak pelayanan Direktorat Jenderal Perbendaharaan kepada masyarakat di wilayah kerjanya, sehingga baik atau tidaknya pelayanan yang diberikan oleh KPPN, akan berdampak langsung pada citra Direktorat Jenderal Perbendaharaan.




Image Gallery

Contact Us

Address: Jalan Kutacane-Blangkejeren Km 3,5 Kutacane, Aceh Tenggara
Telephone: 0629-21217,21840
FAX: 0629-21222
E-mail: kppn105[at]gmail.com
                         info@kppnkutacane.net